tutup
Example 400x100
Example 400x100
Opini

Jejak Petualang Jalur Independen Pilkada Kabupaten Sula (Catatan Akademisi)

79
×

Jejak Petualang Jalur Independen Pilkada Kabupaten Sula (Catatan Akademisi)

Sebarkan artikel ini
Mohtar Umasugi
Foto: Mohtar Umasugi, Akademi STAI Babussalam Sula, Maluku Utara. (doc: istimewa)

Oleh: Mohtar Umasugi, Akademisi STAI Babussalam Sula, Maluku Utara

Pilkada merupakan momen penting dalam demokrasi di Indonesia. Setiap lima tahun sekali, rakyat memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin daerah mereka melalui pemilihan umum. Pilkada Kabupaten Kepulauan Sula tahun 2024 menjadi sorotan khusus karena keberanian dan semangat dari jalur independen yang terlibat dalam kompetisi pilkada.

Example 340x370

Jalur independen, meskipun dihadapkan pada tantangan besar seperti keterbatasan sumber daya dan dukungan politik, mampu menorehkan jejak yang signifikan dalam pilkada tersebut. Langkah-langkah independen ini mencerminkan semangat rakyat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses demokrasi, melampaui ketergantungan pada partai politik.

Salah satu hal yang menarik dari jejak petualangan jalur independen dalam pilkada ini adalah keterlibatan langsung dengan masyarakat. Tanpa jaringan politik yang mapan, kandidat jalur independen sering kali harus bergantung pada dukungan langsung dari rakyat. Mereka mendatangi desa-desa terpencil, berdialog dengan warga, mendengarkan aspirasi, dan merancang program-program yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Hal ini menciptakan koneksi emosional yang kuat antara kandidat independen dan pemilih, yang seringkali menjadi kunci kesuksesan mereka.

Example 400x100 Example 400x100
Baca Juga :  Sosok Guru, Hi. Isra Sibela Yang Memiliki Kerendahan Hati dan Menjadi Teladan Dalam Berkarya
Example 350x255 Example 350x255 Example 350x255

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *