tutup
Example 400x100
Example 400x100
BawasluKepsul

Bawaslu Kepsul Gelar Pembelajaran Pemilu untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

7291
×

Bawaslu Kepsul Gelar Pembelajaran Pemilu untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

Sebarkan artikel ini

KABARSULA.COM Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar kegiatan Pembelajaran Pemilu Partisipatif dan Literasi Kepemiluan sebagai langkah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan umum.

Kegiatan tersebut digelar di aula Beliga Hotel, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, pada Rabu (08/11/2023) dan dibuka langsung oleh Plh. Ketua Bawaslu Kepsul sekaligus Kordinator Devisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S), Zulfitrah Hasim, SH.

Example 340x370

Kordiv Hukum, Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Safrin Titdoy, dalam kesempatan tersebut menjelaskan betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam tahapan demokrasi untuk mengawasi proses pemilihan umum yang akan berlangsung pada tahun 2024.

“Partisipasi Masyarakat adalah keikutsertaan masyarakat dalam proses pengidentifikasi masalah dan potensi yang ada di masyarakat, pemilihan dan pengambilan keputusan tentang alternatif solusi untuk menangani masalah, pelaksanaan upaya mengatasi masalah, dan keterlibatan dalam proses mengevaluasi perubahan yang terjadi,” ungkap Safrin Titdoy.

Safrin juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pendidikan politik yang baik dan kesadaran kepemiluan peserta, sehingga mereka tidak terlibat dalam money politics, politisasi sara, dan penyebaran isu-isu palsu.

“Kami memiliki tanggung jawab dan peran aktif untuk meningkatkan partisipatif pengawasan bagi pemilih dalam mengawal demokrasi. Kesuksesan penyelenggaraan pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelengara pemilu melainkan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara,” tambah Kordiv HP2H.

Example 400x100 Example 400x100
Baca Juga :  KPUD Kepsul Tuntaskan 5 Kecamatan, Siap Bergeser ke Sulabesi Barat
Example 350x255 Example 350x255 Example 350x255

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *